HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
EMAIL
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :



IP Address : 54.80.209.254
Pengunjung : 152.221






Komentar Terbaru :




Newsflash :
PROFICIAT KPD WILLIAM SETIAJI (SISWA SMP ST.CAROLUS SURABAYA) YG BERHASIL MEMPERTAHANKAN GELAR JUARA 1 OLIMPIADE FISIKA TINGKAT NASIONAL YG DISELENGGARAKAN OLEH UNIVERSITAS NEGERI MALANG             |             PROFICIAT KPD KEVIN NARENDRA DHIRESWARA (SISWA SMP STELLA DUCE 2) YG MEMPEROLEH JUARA 1 FLSSN CABANG GITAR SOLO TINGKAT NASIONAL             |             PUTRA-PUTRI PESERTA DIDIK JENJANG SMP : SELAMAT MENEMPUH UNBK 2017, SEMOGA SUKSES             |             PUTRA-PUTRI PESERTA DIDIK JENJANG SMA : SELAMAT MENEMPUH UNBK 2017, SEMOGA SUKSES             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SMA STELLA DUCE 2) & LIDWINA AYKE WINAHYU (SMA STELLA DUCE 1) YG MENDAPAT KESEMPATAN MENEMPUH PENDIDIKAN SELAMA 1 TAHUN DI HYOGO KEN HARIMA, JEPANG             |             PROFICIAT UTK KORPS PUTRI TARAKANITA YG MENJADI JUARA FAVORIT DAN JUARA III FRONT ENSEMBLE DLM GRAND PRIX MARCHING BAND (GPMB) 2016             |             SMA TARAKANITA GADING SERPONG TGR MERAIH JUARA 1 OLIMPIADE SOSIOLOGI TINGKAT NASIONAL YG DISELENGGARAKAN OLEH UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA             |             PROFICIAT UTK REYNARD ARDIAN SIMANJUNTAK (SMP STELLA DUCE 1,YK) YG MERAIH JUARA 1 TINGKAT NASIONAL DLM LOMBA INDONESIA ROBOTIK OLIMPIADE DI SURABAYA             |             PROFICIAT UTK SMP ST.CAROLUS SBY ATAS PRESTASI WILLIAM SETIADJI YG MERAIH 'JUARA II' & RAYMOND VALENTINO YG MERAIH 'JUARA I DAN BEST EXPERIMENT' DLM INDONESIA SCIENCE AND MATHEMATICS OLYMPIAD CHALLENGE 2016 TINGKAT NASIONAL             |             PROFICIAT UTK SMP TAR 1 JKT YG MERAIH 'JUARA I GITAR SOLO' DLM FLS2N TINGKAT PROVINSI DKI

Sejarah SD Tarakanita Magelang

SD Tarakanita Magelang berdiri pada tanggal 1 Juli 1947 tepatnya terletak di sebelah barat SD Kanisius Pendowo ( sekarang Jalan Sultan Agung ). Awal mula berdiri berupa bangunan yang sederhana dan digunakan pemerinyah untuk membantu di bidang  pendidikan.  Selanjutnya  bangunan  sederhana  ini  dikenal  dengan  nama      ” Sekolah Dasar Pendowo Kulon ”  dikenal pula dengan nama SD Tarakanita.
Pada awalnya SD Pendowo Kulon hanya menerima siswa putri saja. Sedangkan SD Pendowo Wetan menerima siswa putra dan putri. Dalam perkembangannya, kurang lebih tahun 1967 SD Pendowo Kulon pindah ke Jalan Ahmad Yani 20. Mulai saat itu pula SD Pendowo Kulon dikenal dengan sebutan SD Tarakanita.
Sejak saat itu pula SD Pendowo Kulon  ( SD Tarakanita ) menerima siswa putra dan putri.
Kemudian dalam perjalannya mulai 1975 Sd Tarakanita pindah ke Bayeman tepatnya di Jalan Tentara Pelajar 25 hingga saat ini. Ketika itu para guru dan karyawan murni diangkat oleh Yayasan Tarakanita.
Mulai tahun 1978 pemerintah memberikan bantuan berupa guru DPK sejumlah 12 orang. Hingga saat ini guru negeri yang diperbantukan di SD Tarakanita semua sudah memasuki masa pensiun.
 

Tugas perutusan sebagai Kepala Sekolah kemudian dijabat oleh :
-    Ibu Lis Paisah
-    Sr. Anunciata, CB
-    Bapak Y. Sukiman pada tahun 1976 s/d  tahun 2000
-    Bapak YB. Bambang Sutopo tahun 2000  s/d tahun 2005
-    Bapak Lorentinus  Sudibyo, S.Pd tahun 2005 s/d 2011
-    Bapak C. Yuliarto, S.Pd tahun 2011 –  saat ini

B.    SD Tarakanita kini, tahun 2011

1.    Letak SD Tarakanita

SD Tarakanita  terletak di Jalan Tentara Pelajar 25 Kelurahan Kemirirejo, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang. Lokasi sekolah yang terletak di tengah kota tersebut memudahkan orang untuk menemukannya. Jalur transportasi untuk menuju ke SD Tarakanita termasuk sangat mudah.
Selain SD Tarakanita, ada juga Taman Kanak – Kanak, Play Group Pius X, serta Kantor Yayasan Tarakanita Wilayah Jawa Tengah yang berada  satu komplek dengan SD Tarakanita Magelang.

2.    Keadaan gedung dan sarana prasarana

Gedung  sekolah dan sarana  prasarana  pembelajaran cukup memadahi sebagai penyelengara jasa pendidikan. SD Tarakanita Magelang menempati tanah seluas 632,7m2. Pada tahun pelajaran 2010 / 2011 SD Tarakanita memiliki 18 rombongan belajar, namun pada tahun pelajaran 2011 / 2012 SD Tarakanita hanya  memiliki 16 rombongan belajar.  Sarana prasarana pendukung guru kaitannya dengan kemajuan zaman sekarang yaitu komputer  dirasakan cukup meskipun baru ada 3 PC dan 3 Notebook, 1 LCD dengan layarnya,   ditambah dengan satu ruang laboratorium komputer dilengkapi  dengan 40 unit komputer dan ruangan yang menggunakan fasilitas AC.
Untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap proses pembelajaran yang disampaikan oleh guru, beberapa kelas telah dilengkapai dengan layar monitor TV 36 inch dan sebagian 40 inch, yang dapat digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran, sehingga  siswa tidak hanya bisa membaca tetapi juga dapat lebih memahami materi dengan  menyaksikan tayangan.
Dalam waktu senggang guru bisa menggunakan komputer untuk usaha pengembangan diri guna mendukung pembelajaran di kelas. Internet juga sudah terpasang tinggal pemanfaatnya yang masih perlu ditingkatkan.
Pada tahun anggaran 2007 SD Tarakanita mendapat dana alokasi khusus (DAK) dari pemerintah pusat , sehingga dapat membenahi ruang perpustakaan dan buku-buku referensi pendukung pembelajaran bertambah banyak, bisa digunakan secara

3.    Personil Sekolah

3.1    Guru SD Tarakanita Magelang berjumlah 19 orang terdiri dari laki – laki 8 orang, perempuan 11 orang. Dari jumlah tersebut yang mempunyai ijazah S1 ada 13 guru, dan 6 guru lulusan D2.
Berdasarkan fungsinya  karyawan SD Tarakanita digolongkan sebagai berikut :

No    Jabatan    Status DPK    Status GTY    Status GTT
1    Guru        12    7
2    Tata Usaha        4    
3    Pembantu Pelaksana        3    
4    Penjaga Malam / Satpam        2    
            21    7



3.2    Tenaga Ekstra kurikuler    : 4 orang
        Jumlah seluruh siswa         : 496